BOOKING TIKET PESAWAT

Indonesia berada pada urutan ketiga

Indonesia berada pada urutan ketiga. Info sangat penting tentang Indonesia berada pada urutan ketiga. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Indonesia berada pada urutan ketiga

Indonesia berada pada urutan ketiga

Pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia Tenggara, SEA Games, yang digelar sejak sepuluh hari lalu di Laos, hari Jumat (18/12) resmi berakhir. Indonesia meraih 43 emas, dan berada di urutan ketiga setelah Thailand dan Vietnam.

Menteri Negara Olahraga dan Pemuda, Andi Malarangeng menganggap hasil ini belum seperti diharapkan, dan menjanjikan sebuah evaluasi dan perbaikan dalam soal pembinaan. Dalam jumpa pers yang dihadiri oleh wartawan BBC Heyder Affan di Vientiane, Laos hari Jumat siang, Malarangeng mengatakan walau target berada di urutan tiga besar, masih banyak yang harus diperbaiki.

"Prediksi perolehan medali kita kalau melihat prediksi dari PB-PB meleset di bawah. Dari perhitungan mereka, kita bisa mendapatkan sekitar 60-62 medali emas. Walaupun dari prediksi KONI sekitar 40 sampai 58 emas itu tepat tetapi tepat di bawah," kata Andi Malarangeng. Oleh karena itu menurut Menegpora, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan para pembina olahraga di Indonesia.

Tut Wuri Handayani

Evaluasi secara menyeluruh ini menurut Andi Malarangeng menjadi penting. Indonesia akan menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011 nanti, dengan target menjadi juara umum. Pembenahan di semua cabang olahraga juga disebut mendesak dilakukan, karena tahun depan digelar pula ajang ASIAN Games di Guangzou, Cina. Salah-satu masalah penting yang akan diperbaiki, menurut Menegpora, adalah dualisme pembinaan atlet, antara KONI dan Program Atlit Andalan, PAL, bentukan Menegpora sebelumnya.

"PAL jalan terus. KONI berada di depan dalam pembinaan olahraga. Kantor Menpora akan bertindak Tut Wuri Handayani, mendorong dari belakang. Setelah kembali ini, KONI dan kantor Menpora akan duduk bersama membuat peraturan presiden guna menyelesaikan masalah ini sehingga kesan dualisme pembinaan ini hilang." tambah Menpora.

Dalam perjalanan SEA Games sepuluh tahun terakhir, posisi Indonesia tidak lagi berada di puncak. Saat perhelatan ini digelar di Brunei, tahun 1999, Indonesia berada di urutan ketiga. Puncak keterpurukan itu ketika SEA Games di Filipina 2005, di mana Indonesia di posisi kelima. Dua tahun lalu saat digelar di Thailand, Indonesia berada di urutan keempat. Dan di SEA Games Laos, yang baru saja berakhir, Indonesia meraih 43 emas, dan naik di posisi ketiga setelah Thailand dan Vietnam.

Bbc.co.uk


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger